
Yogyakarta, 4 September 2025 – Sebuah inisiatif riset kolaborasi antara Fakultas Ilmu Budaya UGM, University of the West of England, dan Universiti Malaya (UM) yang berjudul Building Psychological Resilience in Women Leaders: Strengthening Support Systems in Malaysian and Indonesian Universities menyoroti hambatan yang menghalangi perempuan untuk maju ke posisi kepemimpinan di perguruan tinggi (higher education institutions/HEIs) di Asia Tenggara.
Meski partisipasi perempuan dalam dunia akademik terus meningkat, keterwakilan mereka dalam posisi pengambil keputusan masih tergolong rendah. Studi ini mengidentifikasi tantangan seperti imposter syndrome, keraguan diri, tekanan untuk menyeimbangkan kehidupan kerja dan keluarga, serta minimnya sistem dukungan institusional sebagai hambatan utama bagi kemajuan kepemimpinan perempuan. Melalui proyek Gender, Equity, Diversity, and Inclusivity (GEDI), para peneliti bertujuan untuk mendorong kepemimpinan inklusif dengan mengatasi kesenjangan gender, memperkuat kebijakan institusional untuk mendukung perempuan dalam meraih posisi kepemimpinan, dan menumbuhkan budaya keberagaman dan inklusivitas yang menghargai kontribusi perempuan dari berbagai latar belakang.
Sebagai bagian dari riset ini, pada Rabu, 3 September 2025 digelar Focus Group Discussion (FGD) yang menghadirkan peserta dari berbagai latar belakang akademik. Dalam forum tersebut, peserta diajak menjawab sejumlah pertanyaan reflektif, misalnya: “Jika teman-teman adalah pohon, di bagian manakah teman-teman berdiri dalam konteks pekerjaan?” – dengan pilihan akar (pimpinan), batang (manajerial), atau dahan (pegawai). Pertanyaan lainnya adalah: “Jika teman-teman adalah seorang pimpinan, maka pelatihan apa saja yang akan teman-teman adakan untuk penguatan SDM?” Rangkaian pertanyaan ini membuka ruang bagi peserta untuk membayangkan peran mereka dalam struktur organisasi sekaligus menyumbangkan ide-ide konkret mengenai penguatan kapasitas sumber daya manusia. Diskusi interaktif ini memperkaya pemahaman peneliti mengenai pengalaman dan persepsi kepemimpinan di dunia akademik, khususnya dari perspektif perempuan.
Selain diskusi, riset ini juga mengembangkan sejumlah alat praktis, seperti infografis dan dasbor untuk menyoroti kesenjangan gender, lokakarya pelatihan tentang sensitivitas gender, serta policy brief dengan rekomendasi berbasis bukti. Program mentoring dan dukungan kesehatan mental yang dirancang khusus bagi perempuan di dunia akademik juga menjadi intervensi penting. Dengan menargetkan tantangan ini, FIB UGM, University of the West of England, dan Universiti Malaya berharap dapat memberdayakan perempuan untuk berkembang sebagai pemimpin di pendidikan tinggi, sekaligus membuka jalan menuju lingkungan akademik yang lebih setara dan inklusif.
[Humas FIB UGM, Salsabila Daniswara]