Program studi S2 Pengkajian Amerika bekerja sama dengan Association of American Studies Students and Alumni (ASSA) menyelenggarakan kegiatan Workshop Penulisan Artikel Jurnal. Kegiatan internal yang diikuti oleh mahasiswa S2 Pengkajian Amerika ini diadakan pada Rabu, 17 September 2024.
Acara ini dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, materi disampaikan oleh Bapak Dr. Aris Munandar, M. Hum., Kepala Program Studi Magister Pengkajian Amerika, Universitas Gadjah Mada. Beliau telah melakukan berbagai penelitian yang mencakup topik-topik seperti bahasa, komunikasi dan budaya, linguistik terapan, linguistik pendidikan, serta sosio humaniora.
Pada sesi pertama ini, narasumber menyampaikan gambaran umum terkait struktur penulisan artikel jurnal kepada mahasiswa. Umumnya, struktur inti artikel jurnal terdiri atas introduction, method, result and discussion atau biasa di singkat (IMRaD). Lebih detailnya, artikel jurnal pada umumnya secara sistematis tersusun atas abstract, introduction, literature review, methods, result and discussion, dan conclusion serta reference. Dalam menuliskan abstract¸penulis harus memperhatikan bahwa abstract yang ditulis mencakup latar belakang, tujuan, metode, hasil, serta kontribusi atau implikasi penelitian. Kemudian, saat memaparkan introduction, penulis harus mampu menyajikan gambaran fenomena terbaru yang diteliti dan tujuan spesifik studi. Ketiga, saat menulsikan literature review, penulis dapat menjelaskan perkembanganpenelitian sebelumnya, identifikasi gap penelitian, dan penegasan urgensi topik penelitian yang dipilih. Keempat, pada bagian methods, peneliti harus menjelaskan prosedur penelitian dan cara analisis data secara jelas dan sistematis. Kelima, saat menyajikan result and discussion, peneliti dapat menghubungkan data penelitian dengan konsep dan literatur yang relevan. Terakhir, pada bagian conclusion, peneliti diharapkan dapat mempertegas temuan utama serta implikasi penelitian dengan isu terkait.
Pada sesi kedua, materi disampaikan oleh Emma Natasha Octoveria, S. S., M. A. yang merupakan lulusan Magister Linguistik, Universitas Gadjah Mada. Berkolaborasi dengan Dr. Aris Munandar, M. Hum., beliau telah berhasil mempublikasikan artikelnya pada jurnal terindeks Scopus Q-1.
Pada sesi kedua ini, Emma menyampaikan materi yang bertajuk “Literature Review: Balancing between Sensibility and Credibility”. Dalam pemaparannya ini, beliau memberikan banyak tips dan trik dalam menusilkan literature review. Dalam menuliskan literature review, penulis harus memperhatikan penelitian sebelumnya yang akan diulas harus relevan dengan material object, formal object, dan context yang akan diteliti. Penulis dapat melakukan mapping literature review terlebih dahulu untuk memudahkan pencarian dan penulisannya. Kemudian, ia menyatakan bahwa kunci dari diterimanya artikel di jurnal-jurnal bereputasi adalah pemilihan penelitian terdahulu yang diambil dari artikel jurnal bereputasi pula. Selain itu, pada sesi ini, Emma juga memberikan contoh praktis penulisan literature review yang baik kepada mahasiswa dengan menampilkan contoh-contoh penulisan literature review dari artikel jurnal bereputasi dan berkualitas. Untuk mempermudah penulisan sitasi dan referensi, Emma mendemonstrasikan secara langsung pula bagaimana menggunakan aplikasi manajemen referensi, Mendeley dengan mudah, praktis, dan efesien. “Penggunaan ini Mendeley ini akan akan sangan membantu dalam efisiensi dan manajemen waktu penulisan penulis”, ujarnya.
Selain menjelaskan konsep dasar dari strukturisasi penulisan artikel, Beliau juga menyampaikan hal penting lainnya terkait tips dan trik untuk mahasiswa melakukan penelitian. Beberapa diantaranya seperti, memahami terlebih dahulu target dari pembaca artikel, mempertimbangkan apa yang seharusnya mereka perlu ketahui, dan juga memberikan evidence dalam sebuah artikel agar asumsi yang diberikan terjustifikasi kebenarannya. Singkat kata, acara ditutup dengan kegiatan tanya jawab interaktif dari peserta, dan juga narasumber memberikan jawaban yang sangat ringkas dan mudah dimengerti sehingga menambah wawasan peserta dalam memahami penulisan artikel.
Pada akhir sesi, masing-masing narasumber menekankan peserta/mahasiswa untuk memperbanyak referensi bacaan artikel jurnal bereputasi. Hal ini bertujuan untuk membangun habit membaca dan membiasakan diri mahasiswa terpapar dengan struktur penulisan akademik berkualitas, yang mana ini secara tidak langsung akan membangun pola berpikir mahasiswa agar mampu menghasilkan laporan penelitian yang berkualitas dalam bentuk artikel jurnal.