• About UGM
  • Academic Portal
  • IT Center
  • Library
  • Research
  • Webmail
  • Informasi Publik
  • Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Fakultas Ilmu Budaya
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah
    • Visi & Misi
    • Struktur Organisasi
    • Manajemen
    • Tenaga Kependidikan
    • Tenaga Pendidik
  • Akademik
    • Kalender Akademik
    • Program Sarjana
      • Antropologi Budaya
      • Arkeologi
      • Sejarah
      • Pariwisata
      • Bahasa dan Kebudayaan Korea
      • Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Sastra Inggris
      • Sastra Arab
      • Bahasa dan Kebudayaan Jepang
      • Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa
      • Bahasa dan Sastra Prancis
    • Program Master/S2
      • Magister Antropologi
      • Magister Arkeologi
      • Magister Sejarah
      • Magister Sastra
      • Magister Linguistik
      • Magister Pengkajian Amerika
      • Magister Kajian Budaya Timur Tengah
    • Program Doktor/S3
      • Antropologi
      • Ilmu-ilmu Humaniora
      • Pengkajian Amerika
    • Beasiswa
  • KPPM
    • Info Penelitian
    • Publikasi Ilmiah
    • Pengabdian Masyarakat
    • Kerjasama Luar Negeri
    • Kerjasama Dalam Negeri
  • Organisasi Mahasiswa
    • Lembaga Eksekutif Mahasiswa
    • Badan Semi Otonom
      • KAPALASASTRA
      • Persekutuan Mahasiswa Kristen
      • LINCAK
      • Saskine
      • Keluarga Mahasiswa Katolik
      • Dian Budaya
      • Sastra Kanuragan (Sasgan)
      • Keluarga Muslim Ilmu Budaya (KMIB)
      • Bejo Mulyo
    • Lembaga Otonom
      • Himpunan Mahasiswa Arkeologi
      • Ikatan Mahasiswa Jurusan Inggris
      • Himpunan Mahasiswa Pariwisata
      • Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia
      • Ikatan Mahasiswa Sastra Asia Barat
      • Himpunan Mahasiswa Bahasa Korea
      • Keluarga Mahasiswa Sastra Nusantara
      • Badan Keluarga Mahasiswa Sejarah
      • Himpunan Mahasiswa Studi Prancis
      • Keluarga Mahasiswa Antropologi
      • Himpunan Mahasiswa Jepang
  • Pendaftaran
  • Beranda
  • Rilis Berita
  • Kunjungan Industri Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM

Kunjungan Industri Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM

  • Rilis Berita, SDGs 11: Kota dan Pemukiman Yang Berkelanjutan, SDGs 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan, SDGs 4: Pendidikan Berkualitas
  • 9 Juli 2024, 09.38
  • Oleh: humasfib
  • 0

Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM untuk pertama kalinya melakukan kuliah lapangan dengan tujuan perusahaan-perusahaan Korea yang ada di Indonesia. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengakhiri perkuliahan Bahasa Korea Komprehensif 2 (Korean Business) pada semester Genap 2023/2034. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada hari Selasa-Rabu, 25-26 Juni 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 31 mahasiswa dan 1 dosen pendamping yang merupakan dosen pengampu mata kuliah Bahasa Korea Komprehensif 2 (Korean Business), yaitu Ibu Alfiana Amrin Rosyadi, S.S., M.A. Kegiatan ini memiliki beberapa perusahaan tujuan, yaitu PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia, dan Bank Shinhan Indonesia. 

Kegiatan diawali pada Selasa, 25 Juni 2024, dengan berkumpulnya seluruh peserta dan dosen pengampu di Stasiun Cikarang, Bekasi untuk menuju destinasi pertama yaitu PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia. Perjalanan dilakukan menggunakan bus yang dan ditempuh selama kurang lebih satu jam karena tempat tujuan terletak di kawasan industri yang cukup jauh dari kawasan perkotaan. 

Agenda di PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia diawali dengan Alumni Talk yang diisi dengan pengenalan perusahaan dan sharing session oleh pihak perusahaan dan beberapa alumni Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM yang bekerja di sana. Setelah itu, dilakukan foto bersama dan penyerahan kenang-kenangan dari Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea kepada PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia. Kegiatan dilanjutkan dengan factory tour yang dipandu oleh seorang guide. Pada saat factory tour, peserta kegiatan berkesempatan untuk melihat langsung proses pembuatan dan perakitan mobil yang diproduksi oleh PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia. Kegiatan diakhiri dengan pembagian souvenir PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia kepada peserta kegiatan. 

Pada Rabu, 26 Juni 2024, seluruh peserta kegiatan berangkat bersama menuju Lotte Mall Jakarta untuk mengunjungi Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia. Kegiatan dibuka oleh sambutan dari Mr. Kim Young Soo selaku direktur regional KOCCA Indonesia. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan perusahaan dan sharing session oleh pihak perusahaan. Selanjutnya, peserta kegiatan berkesempatan untuk berkeliling kantor KOCCA Indonesia. Tidak hanya itu, seluruh peserta juga berkesempatan untuk mencoba pengalaman kebudayaan Korea, baik budaya populer maupun tradisional, yang disediakan oleh Korea 360. Korea 360 merupakan sebuah produk dari KOCCA sebagai kiat untuk memperkenalkan kebudayaan Korea kepada dunia melalui konten kreatif. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama dan penyerahan kenang-kenangan dari Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea kepada KOCCA Indonesia. Selain itu, serta pembagian souvenir dari KOCCA Indonesia.

Tujuan terakhir kegiatan ini adalah Bank Shinhan Indonesia. Pada kesempatan ini, para peserta berkesempatan untuk mendengarkan pemaparan materi mengenai Bank Shinhan Indonesia oleh direktur utamanya, yaitu Mr. Koo Hyung Hoe. Setelah pemaparan materi oleh Mr. Koo Hyung Hoe, kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama dan penyerahan kenang-kenangan dari Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM ke Bank Shinhan Indonesia. Kemudian, pemaparan materi dilanjutkan oleh pihak perusahaan yang memaparkan materi tentang pengenalan perusahaan sekaligus Campus Hiring. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pertanyaan dan sharing dari alumni Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea UGM yang bekerja di Bank Shinhan Indonesia. Kegiatan diakhiri dengan pembagian souvenir dari Bank Shinhan Indonesia.

Kunjungan industri ini tentunya dapat direalisasikan dengan adanya kerja sama antara prodi dengan mitra-mitra terkait. Kegiatan ini merupakan sebagai salah satu sarana bagi mahasiswa untuk memperoleh pengetahuan mengenai langkah karir yang terbuka bagi mereka. Dengan begitu, mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tersebut ketika terjun langsung ke dunia kerja.

 

Foto 1.1: Kunjungan Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea ke Hyundai Motor Manufacturing Indonesia

 

Foto 1.2: Kunjungan Prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea ke Shinhan Bank

 

Tags: Bahasa dan Kebudayaan Korea FIB UGM SDGs 11: Kota dan Pemukiman yang berkelanjutan SDGs 17: Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan SDGs 4 Pendidikan Berkualitas UGM Yogyakarta

Rilis Berita

  • IKMASA Future Leaders 2025: Menumbuhkan Kepemimpinan Strategis di Tengah Tekanan
  • Healthy Environments in the Era of Anthropocene: Belajar Bersama Komunitas Pelestari Lingkungan di Kulon Progo
  • Mengenal Sejarah Indonesia di Museum Benteng Vredeburg: Wujud Pembelajaran Bahasa yang Kontekstual
  • Workshop Kesiapan Kerja: Resume & Interview Tips Bersama Career Consultant AS
  • Mahasiswa Exchange Piknik ke Oemah Petroek dan Berdiskusi dengan Para Pimpinan FIB UGM

Arsip Berita

Video UGM

[shtmlslider name='shslider_options']
Universitas Gadjah Mada

Fakultas Ilmu Budaya
Universitas Gadjah Mada
Jl. Nusantara 1, Bulaksumur Yogyakarta 55281, Indonesia
   fib@ugm.ac.id
   +62 (274) 513096
   +62 (274) 550451

Unit Kerja

  • Pusat Bahasa
  • INCULS
  • Unit Jaminan Mutu
  • Unit Penelitian & Publikasi
  • Unit Humas & Kerjasama
  • Unit Pengabdian kepada Masyarakat & Alumni
  • Biro Jurnal & Penerbitan
  • Teknologi Informasi dan Pangkalan Data
  • Pusaka Jawa

Fasilitas

  • Perpustakaan
  • Laboratorium Bahasa
  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium Fonetik
  • Student Internet Centre
  • Self Access Unit
  • Gamelan
  • Guest House

Informasi Publik

  • Daftar Informasi Publik
  • Prosedur Permohonan Informasi Publik
  • Daftar Informasi Tersedia Setiap Saat
  • Daftar Informasi Wajib Berkala

Kontak

  • Akademik
  • Dekanat
  • Humas
  • Jurusan / Program Studi

© 2024 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY