
Yogyakarta, 6/5/2025 – Pada Selasa (25/3/2025), Dr. Arsanti Wulandari, M.Hum., dosen Program Studi Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada (FIB UGM), membahas riwayat Pangeran Diponegoro dalam Babad Ngayogyakarta dalam kegiatan Kelas Literasi Naskah Nusantara #1. Acara ini diselenggarakan oleh Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara (Pujaasintara), Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), dengan tema “Sisi Lain Diponegoro: Sang Pangeran dalam Dua Sudut Pandang”.
Dalam pemaparannya, Dr. Arsanti mengkaji naskah Babad Ngayogyakarta dengan judul Serat Babad Kawiwitan Djumenengipun Kanjeng Sultan Kaping 4-Kaping 5, koleksi Museum Sonobudoyo, Yogyakarta, dengan kode SB 169. Naskah tersebut ditulis pada masa pemerintahan Hamengkubuwana V dan disalin kembali pada masa Hamengkubuwana VII.
Dalam Babad Ngayogyakarta ini, riwayat Pangeran Diponegoro digambarkan secara rinci, mulai dari masa kecil Hamengkubuwana IV (pupuh 1–20) hingga pecahnya Perang Jawa (pupuh 21–48). Beliau menyoroti berbagai keteladanan dari Pangeran Diponegoro, khususnya dalam bidang pendidikan. Pangeran Diponegoro mengajarkan tiga hal penting kepada Hamengkubuwana IV, yakni pemahaman terhadap aksara dan kebudayaan Jawa melalui karya sastra, penguasaan aksara Arab dan pengetahuan agama, serta penguasaan bahasa Melayu dan bahasa Inggris untuk keperluan komunikasi.
Selain Dr. Arsanti Wulandari, M.Hum., Dr. Sudibyo Prawiroatmodjo, M.Hum., dosen Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia FIB UGM, turut hadir sebagai narasumber dengan pembahasan mengenai Pangeran Diponegoro dari sudut pandang Babad Kedhung Kebo. Menariknya, Kelas Literasi Naskah Nusantara #1 juga dihadiri oleh Prof. Dr. Peter B.R. Carey, sejarawan terkemuka yang telah lama meneliti sejarah Asia Tenggara, khususnya Perang Jawa dan Pangeran Diponegoro.
Webinar berlangsung lancar dan penuh antusiasme. Berbagai pertanyaan dari peserta menunjukkan tingginya minat terhadap pembahasan kesejarahan Pangeran Diponegoro melalui dua sumber naskah yang berbeda.
Kegiatan Kelas Literasi Naskah Nusantara ini bertujuan untuk menggali dan mengangkat informasi dari naskah-naskah Nusantara yang berharga. Informasi tersebut diharapkan dapat memperkaya bidang keilmuan serta memberikan manfaat luas bagi masyarakat. Secara lebih luas, kegiatan ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan, khususnya dalam aspek pendidikan bermutu dan kemitraan untuk mencapai tujuan.
[Humas Sastra Jawa FIB UGM, Haryo Untoro]