Pangalengan, 03/06/2024–Program Studi Independen di Sekolah Ekspor adalah program belajar di luar kampus yang disiapkan bagi mahasiswa di seluruh Indonesia yang telah lolos verifikasi dan validasi berkas kemahasiswaan. Program ini dilaksanakan secara hybrid (daring melalui Zoom meeting dan luring bagi mahasiswa yang ingin mengikuti bootcamp dan JJE) setiap hari senin sampai hari jum’at dengan pembagian kelas pagi pukul 08:00-09:30 dan kelas malam pukul 19:00-20:30. Pembelajaran di Sekolah Ekspor memuat tentang materi praktis yang dirangkum dalam 8 modul agar mahasiswa siap menjadi pelaku usaha ekspor yang mengoptimalkan kemajuan teknologi digital.
Program Studi Independen di Sekolah Ekspor dimulai dengan memberikan pengetahuan komprehensif tentang peluang menjadi eksportir di era perdagangan global yang semakin terbuka, dengan pembekalan tentang perekonomian global, peraturan perdagangan internasional, dan kepabeanan. Peserta akan menjalani proses team building yang didampingi mentor untuk memahami potensi ekspor di berbagai daerah dan mengembangkan produk ekspor yang memanfaatkan akses pasar ritel dan online, baik nasional maupun global. Mahasiswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk onboarding di marketplace global serta mengikuti pameran dagang dan business matching. Program ini diharapkan melahirkan eksportir baru yang mendukung target pemerintah mencetak 500 ribu eksportir pada tahun 2030.
Sekolah Ekspor menawarkan modul pembelajaran yang mencakup berbagai aspek penting seperti export research and strategy, pengembangan produk ekspor, digital business branding and marketing, hingga logistik dan kepabeanan internasional. Setiap modul dalam pembelajaran ini terdapat tugas mandiri, praktikum, dan proyek tim. Melalui kerja tim, mahasiswa mempraktikkan modul seperti pengembangan produk ekspor, strategi pemasaran digital, dan analisis pasar global dengan tujuan agar mahasiswa akan mampu mengidentifikasi dan mengembangkan produk lokal yang berpotensi untuk pasar ekspor, baik dalam bentuk karya desain sendiri maupun produk dari UMKM yang direbranding dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Program ini tidak hanya memberikan akses pendidikan berkualitas yang sejalan dengan SDGs 4, tetapi juga mendukung menciptakan lapangan kerja di sektor ekspor-impor melalui teknologi digital, mendorong inovasi dengan membantu mahasiswa mengembangkan produk lokal menjadi global, mengurangi kesenjangan ekonomi antar daerah, serta memperkuat kemitraan internasional melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah dan UMKM.