Yogyakarta, Kamis, 12 September 2024. Menanggapi isu hangat seputar konservasi cagar budaya Candi Borobudur, Himpunan Mahasiswa Arkeologi UGM menyelenggarakan kegiatan diskusi membahas polemik dan perdebatan dalam rencana pemsangan Chattra Borobudur oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kegiatan yang diadakan di Auditorium Soegondo mendiskusikan, “Diskusi Permasalahan Rencana Pemasangan Cattra Borobudur” dengan mengundang mahasiswa Arkeologi UGM Sarjana dan Pascasarjana, serta sejumlah dosen Arkeologi UGM yang menjadi peserta dan narasumber, beberapa dosen arkeologi yang menjadi narasumber di antaranya yaitu: Dr. Niken Wirasanti, M.Si., Dr. Tular Sudarmadi, M.A., Dwi Pradnyawan, S.S., M.A., dan Aditya Revianur, M.Hum., dimoderasikan oleh Dama Qoriy Arjanto, S.S., M.Sc..
Sesi kegiatan dimulai dengan sambutan dari Kepala Departemen Arkeologi UGM, Dr. Mahirta, MA., yang menyampaikan isu yang baru-baru ini menjadi topik hangat di seputar dunia arkeologi Indonesia, terutama diskusi di media sosial dan respons dari Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) terhadap pemasangan chattra yang ramai dibicarakan karena permasalahan kesesuaian otentisitas. Dalam sambutannya, Ibu Mahirta turut menyebutkan diskusi ini muncul karena adanya berbagai perspektif terhadap isu yang perlu dibahas dalam diskusi.
Setelah sambutan berakhir, dilanjutkan sesi diskusi yang dimulai dengan pembahasan oleh Dr. Tular Sudarmadi, M.A., yang melihat isu pemsangan chattra pada pengembangan dan pemanfaatannya dalam pengelolaan cagar budaya Candi Borobudur yang ditetapkan sebagai World Heritage oleh UNESCO. Lanjutnya, ia mengungkapkan warisan budaya pada Candi Borobudur yang dijaga berupa tangible dan intangible dan sehingga cara melakukan pelestarian dan penjagaan warisan budaya ini dapat melalui pemikiran apa pun selama dapat diterima secara epistemologis dan ontologis.
Berikutnya, Aditya Revianur, M.Hum., mengawali pembahasan chattra dengan membedah bagian-bagian Candi Borobudur seperti keberadaan dan jumlah stupa serta relief melalui presentasi. Jumlah relief yang menunjukkan stupa tidak ber-chattra lebih banyak daripada sedikit relief stupa yang memiliki chattra. Sehingga, stupa seperti stupa induk Candi Borobudur berdasarkan perbandingan dengan relief maupun candi-candi Buddhis yang se-zaman dapat disimpulkan tidak memiliki chattra. Menyambung dengan topik serupa, Dr. Niken Wirasanti, M.Si., memberikan pandangan serupa dengan mempertanyakan bukti keberadaan chattra yang benar-benar ada pada stupa-stupa di Candi Borobudur selain pada bukti relief. Hal yang perlu diperhatikan adalah urgensi pemasangan chattra dan apakah telah sesuai konteks dengan keyakinan agama Buddha pada masa itu.
Menuju narasumber terakhir, Dwi Pradnyawan, S.S., M.A., memberikan garis besar dan kesimpulan yang dapat dilihat dari dua sisi, internal dan eksternal. Secara internal, diperlukan penguatan pemahaman pengetahuan seputar pengertian konteks, konservasi, dan heritage, agar bisa memberikan penilaian secara arkeologis. Dikarenakan ketidaklengkapan dan mencukupinya data, maka pemasangan chattra dinilai tidak tidak bisa dilakukan. Pada sisi eksternal, pemasangan chattra disebabkan karena adanya keinginan (imajinasi) bahwa hal chattra dapat dipasangkan sebagai hasil dari interpretasi, namun imajinasi ini perlu tetap memerlukan aturan dan panduan khusus sebelum dapat ditetapkan dengan adanya kajian dampak cagar budaya yang memiliki hal-hal (potensi) yang perlu diperhatikan dampaknya.