
Yogyakarta, 22/5/25 ― Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang (BKJ), Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (FIB UGM), menerima kunjungan dari SMP Montessori pada Kamis (22/5), bertempat di Ruang Sidang 1 Gedung Gedung Poerbatjaraka, FIB UGM.
Kegiatan ini merupakan bagian dari pengenalan dunia pendidikan tinggi kepada siswa-siswi SMP, khususnya dalam bidang bahasa dan kebudayaan Jepang. Rombongan disambut langsung oleh Ketua Program Studi BKJ, Bapak Tatang Sumarsono, M.Hum., yang menyampaikan apresiasi atas ketertarikan para siswa untuk mengenal studi kebudayaan secara lebih mendalam.
Dalam sambutannya, Perwakilan SMP Montessori, Ibu Rengganis Istikasari, menjelaskan bahwa kunjungan ini menjadi langkah awal mengenalkan siswa pada fakultas humaniora, setelah sebelumnya banyak menjelajahi fakultas di bidang eksakta. “Kami ingin siswa mengenal seperti apa dunia kampus, baik dari sisi lingkungan maupun substansi pembelajarannya,” tuturnya.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan visi dan misi Prodi BKJ oleh Bapak Roby Winarso, M.Hum., yang kemudian diikuti dengan presentasi materi oleh para dosen BKJ:
-
Ibu Tuti Widiastuti, M.Hum. membawakan materi tentang Pendidikan Moralitas (Doutoku) di Jepang, yang menjadi kurikulum wajib di tingkat SD dan SMP. Materi ini menekankan pada pembentukan karakter siswa melalui nilai-nilai seperti ketulusan hati, tanggung jawab, kesederhanaan, serta kemampuan mengendalikan diri.
-
Bapak Najih Fawaid, M.Hum. menyampaikan pentingnya aisatsu (ungkapan salam) dalam kehidupan masyarakat Jepang, yang merefleksikan sopan santun dan keteraturan sosial. Ungkapan seperti ohayou gozaimasu, konnichiwa, hingga yoroshiku onegaishimasu menjadi bagian penting dari etika komunikasi di Jepang.
-
Bapak Moeljadi, M.Hum. memperkenalkan konsep omotenashi, yaitu filosofi pelayanan dalam budaya Jepang yang menekankan ketulusan, perhatian terhadap detail, serta penciptaan pengalaman terbaik bagi orang lain tanpa mengharapkan balasan.
Sesi dilanjutkan dengan tanya jawab yang berlangsung aktif. Aya, salah satu siswi, mengajukan pertanyaan menarik seputar etika makan ramen, yang disambut dengan antusias oleh para dosen. Kegiatan ini memberikan pengalaman langsung kepada para siswa dalam mengenal budaya Jepang tidak hanya secara teoritis, tetapi juga melalui diskusi dan interaksi langsung dengan para akademisi.
[Humas FIB UGM, Muhammad Ebid El Hakim]