
Yogyakarta, 9 Juli 2025 – Orang Taiwan suka mengikuti tren. Ketika mereka melihat sesuatu yang sedang ramai diperbincangkan atau dikejar banyak orang, mereka ingin ikut serta. Meskipun efek kawanan ini bisa dialami oleh siapa saja, fenomena antre di Taiwan terlihat sangat mencolok. Orang Taiwan sering melihat antrean panjang di jalan, dan mereka menjadi penasaran hingga akhirnya ikut mengantre. Bahkan, ada orang yang ikut antre tanpa tahu apa yang sebenarnya sedang ditunggu. Ini sudah menjadi hal yang lumrah di Taiwan.Sebaliknya, di Indonesia, mengantre adalah fenomena yang cukup istimewa. Hampir semua orang Indonesia tidak menyukai antrean. Jika melihat toko dengan antrean panjang, banyak dari mereka lebih memilih pergi ke toko lain daripada ikut menunggu.
Namun, ini bukan berarti orang Indonesia tidak pernah mengantre. Kenyataannya, antrean tetap terjadi di Indonesia, terutama di tempat-tempat yang dianggap penting seperti bank, rumah sakit, atau kantor pemerintahan. Tetapi, sangat jarang terlihat orang Indonesia rela mengantre di restoran seperti yang biasa terjadi di Taiwan.
Sebuah survei media sebelumnya menemukan bahwa tiga alasan utama mengapa orang Taiwan rela mengantre adalah: produk edisi terbatas, harga murah, dan makanan yang direkomendasikan oleh toko terkenal.Contohnya, selama Tahun Baru Imlek, department store di Taiwan biasanya meluncurkan “tas keberuntungan” edisi terbatas, yang tidak hanya berisi barang-barang biasa, tetapi juga hadiah menarik seperti tiket pesawat atau mobil. Karena itu, setiap tahun banyak konsumen rela datang sejak pagi hari untuk mengantre dan mendapatkan tas keberuntungan ini.
Dalam hal kepercayaan agama, sebagian besar orang Taiwan menganut agama Buddha. Mereka percaya bahwa menerima amplop merah dari kuil selama Tahun Baru Imlek akan membawa kelancaran dan rezeki sepanjang tahun. Oleh karena itu, kuil-kuil besar di Taiwan setiap tahunnya dipadati orang yang mengantre untuk mendapatkan amplop merah ini. Panjang antrean bisa mencapai 8 kilometer, dan tidak mudah untuk mendapatkan amplop merah tersebut.
Kebiasaan mengantre di Taiwan bahkan terlihat di dunia digital. Pada tahun 2018, Chunghwa Telecom—perusahaan telekomunikasi terbesar di Taiwan—meluncurkan paket internet murah seharga NT$499 per bulan, harga yang sangat menarik pada saat itu. Namun, penawaran ini hanya berlaku selama tujuh hari, sehingga banyak orang langsung menyerbu kantor-kantor Chunghwa Telecom. Akibatnya, jaringan menjadi tidak stabil di area padat, banyak karyawan harus bekerja lembur, dan akhirnya perusahaan tersebut didenda oleh pemerintah karena gangguan pelayanan.
Orang Taiwan juga memiliki kebiasaan makan kue saat Festival Pertengahan Musim Gugur. Setiap tahun, ibu saya pergi ke toko kue bernama Fujia. Banyak orang Taiwan tahu bahwa selama festival ini, antrean panjang hampir selalu terlihat di toko tersebut. Produk yang paling diminati adalah kue telur asin. Ibu saya membelinya karena saya dan adik laki-laki saya sangat menyukainya, dan juga sebagai hadiah untuk pelanggannya. Meskipun harganya tidak mahal, hadiah seperti ini lebih bermakna karena mencerminkan niat dan usaha dari pemberinya—terutama karena harus dibeli dengan sabar mengantre.
Fenomena mengantre menunjukkan perbedaan budaya yang mencolok antara masyarakat Taiwan dan Indonesia. Di Taiwan, antrean merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari, didorong oleh keinginan mengikuti tren, berburu produk terbatas, kepercayaan agama. Bahkan di era digital, masyarakat Taiwan tetap rela “mengantre” untuk mendapatkan penawaran menarik secara online. Sebaliknya, masyarakat Indonesia cenderung menghindari antrean. Perbedaan ini mencerminkan nilai-nilai sosial, kebiasaan, dan cara pandang masyarakat terhadap waktu, kenyamanan, dan makna di balik suatu tindakan.
source :
https://www.chinatimes.com/newspapers/20210102000380-263301?chdtv#
https://today.line.me/hk/v3/article/1koKl2
[National Chengchi University, Pan Ke En]