Yogyakarta, Jumat, 16 Agustus 2024. Paguyuban Sastra Budaya Jawa (Pasbuja) Kawi Merapi Sleman melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan bersama dengan Dosen Program Studi Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa, Fakultas Ilmu Budaya, UGM, Dra. Wiwien Widyawati Rahayu, M.A., menginisiasi adanya Lokakarya “Merawat Mitos Air”. Kegiatan ini dapat terselenggara karena keberhasilan tim dalam memperebutkan Program Bantuan Pemerintah Fasilitasi Pemajuan Kebudayaan Tahun 2024 pada Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X. Rangkaian kegiatan lokakarya meliputi paparan empat narasumber bidang sastra, sejarah, budaya, dan lingkungan hidup; Bimbingan Teknis kepada calon penulis buku yang menjadi output lokakarya; dan Pendampingan penulisan buku.
Sebelumnya, Paguyuban Sastra Budaya Jawa Kabupaten Sleman atau yang biasa dikenal sebagai Pasbuja Kawi Merapi yang bergerak dalam bidang sastra dan budaya Jawa telah menghasilkan luaran berupa novel “Trilogi Prau Layar” karya Budi Sardjono salah satu pendiri, pengurus, sekaligus anggota aktif Pasbuja yang terdiri dari Prau Layar ing Kali Code (2018), Prau Layar ing Kali Opak (2018), dan Prau Layar ing Kali Progo (2024). Prau Layar ing Kali Code menceritakan tentang mitos-mitos terkait Kanjeng Ratu Kidul yang digambarkan sebagai sosok perempuan cantik dan baik hati (Rahayu, 2023), yang berlatar penelusuran tokoh utama secara supernatural terkait meletusnya gunung Merapi hingga berlayarnya Mbah Petruk melalui Kali Code. Prau Layar ing Kali Opak menggambarkan tentang kearifan lingkungan dan menceritakan hubungan antara manusia, hewan, dan tumbuhan terhadap lingkungan yang diwujudkan dengan penggambaran kehidupan masyarakat Gunungkidul yang bergantung dengan alam. Di dalamnya juga dijelaskan tentang peran Sungai Opak yang pada zaman dahulu digunakan untuk alat transportasi masyarakat dalam membangun Candi Prambanan, saat ini justru menyusut dan dangkal, tidak selebar dan sedalam dahulu (Fitriana dan Darni, 2022).
Dengan adanya karya tersebut, Pasbuja berusaha memosisikan, mengenalkan, dan menginspirasi pembacanya lebih lanjut mengenai keberadaan air, khususnya sungai, yang seharusnya sudah disadari oleh masyarakat semakin meluas lagi, agar makna air tidak hanya dipahami oleh koloni ekslusif (terbatas pada orang atau kelompok tertentu) tetapi juga oleh masyarakat luas. Dalam karya tersebut, mitos-mitos air dibangun sedemikian rupa, sehingga makna dan keberadaan air dapat dilestarikan, khususnya melalui bacaan bacaan sastra.