Yogyakarta, Sabtu, 24 Agustus 2024. Dosen Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis, Departemen Bahasa dan Sastra, Prof. Dr. Wening Udasmoro, M.Hum., DEA. menjadi narasumber dalam kegiatan Workshop Updating Metodologi Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada. Materi Metodologi Inklusif dalam pembelajaran MKWK diadakan di Hotel Grand Rohan Yogyakarta, memaparkan metode dan peran inklusivitas dalam pengajaran.
Dalam pemaparan materi, Prof. Dr. Wening mencantumkan pergerakan cara berpikir metodologis dengan membedakannya menjadi objektif dan subjektif. Dasar pemikiran turut mempertimbangkan beberapa hal, yakni:
- Selalu ada kultur dominan yang menguasai dunia atau menguasai wacana dunia
- Selalu ada struktur yang timpang dalam kehidupan
- Selalu ada mereka yang memiliki akses lebih mudah daripada yang lain karena akumulasi kapital sosialnya atau kapital finansial keluarganya
- Selalu ada kelompok yang lebih tertindas dibandingkan yang lain
Oleh karena itu, dibutuhkan metodologi yang berposisi untuk mengetahui kelompok-kelompok yang terbagi dalam lingkup mahasiswa, seperti persoalan mental, relasi sosial, kekerasan, keuangan, dan etika serta integritas akademik. Menginklusikan mahasiswa secara khusus dalam pembelajaran sebagai subjek yang dibicarakan dan yang berbicara menjadi penting untuk memahami persoalan yang ada di kalangan mahasiswa.