Sastra Kanuragan (Sasgan)

Sasgan merupakan suatu komunitas yang diperuntukkan bagi para mahasiswa pecinta olahraga di Sastra/FIB. Untuk periode ini SASGAN diketuai oleh Rossi (Arab 08), wakil ketua Adam (Prancis 09), bendahara Danti (Mandarin 08), sekertaris Gentur (Sasindo 08), divisi futsal Toro (sejarah 09), divisi basket Yudho (Sasindo 08) dan Olahraga Umum Wahyu “gendhut” (Sasindo 08). Saat ini SASGAN baru memiliki 2 cabang olahraga, yaitu cabang futsal dan basket, yang cukup sering mengikuti berbagai macam turnamen baik dari tingkat antar fakultas atau jurusan se-UGM hingga ke tingkat antar Universitas.

Tim futsal sastra bernama NITRO Futsal Family saat ini diketuai oleh Wahyu “gonteng” (D3 Arsip 09) untuk tim putra dan Rossi (Arab 08) untuk tim putri. Tak sulit untuk menjadi bagian dari tim futsal NITRO FF, tanpa seleksi dan cukup bermodalkan rasa senang akan olahraga ini maka kita dapat bergabung dengan NITRO FF. Sesuai dengan namanya, NITRO Futsal Family, NITRO FF dibentuk bukan hanya sekedar sebagai ajang untuk bermain futsal semata melainkan juga sebagai ajang untuk menambah keluarga baru bagi para anggotanya. Meskipun komunitas ini terlihat hanya sekedar untuk bersenang-senang, tim NITRO FF juga memliki beberapa prestasi yang membanggakan antara lain Juara 1 Female Sport se- DIY 2010, Juara 2 Female Sport se- DIY 2011, Juara 4 Psiko Cup se-DIY 2010 dll untuk tim putri dan Juara 1 Justice Cup 2008, Juara 1 Soccer Cup 2009, Juara 3 Star Cup 2010, Juara 3 Next Cup 2010 dll untuk tim putra.

Selain NITRO FF, SASGAN juga memiliki tim basket. Untuk tim basket sastra bernama SASTRO BASKET, ketua SASTRO BASKET saat ini adalah Boyo (Sasing 09) untuk tim putra dan Erlin (Sasnus 10) untuk tim putri. Untuk menjadi anggota SASTRO BASKET tidak perlu melalui seleksi. Adapun prestasi SASTRO BASKET salah satunya adalah Empat besar Psiko Cup 2010 untuk putri dan Juara 1 Psiko Cup se- UGM 2010, Juara Surya Pro Nasional 2003-2005, Juara antar fakultas pordies UGM dll untuk tim baset putra.

Masih ada 1 lagi kelompok di SASGAN selain 2 cabang olahraga tersebut, SASGAN juga memiliki komunitas “olahraga mulut” yaitu SASTRA CONTHONG. SASTRA CONTHONG beranggotakan para mahasiswa Sastra dengan jiwa Kesastraanya yang senantiasa mengiringi dan mendukung tim futsal serta tim basket sastra bertanding. Bisa dibilang bahwa kelompok ini adalah suporternya SASTRA.

Sebenarnya selain 3 kelompok tersebut para warga Sastra juga ada yang memainkan olahraga lain seperti Sepak Takraw, Badminton, Tenis dll. Namun untuk sementara ini peminat untuk cabang-cabang olahraga tersebut belumlah terlalu banyak. Faktor masih sedikitnya peminat tersebutlah yang membuat belum terbentuknya kelompok yang terorganisir untuk cabang-cabang tersebut.

Tiap tahunnya SASGAN memiliki hajatan rutin untuk para mahasiswa Sastra/FIB yaitu SASPORTE. SASPORTE merupakan ajang kompetisi antar jurusan se- Sastra/FIB, dalam ajang ini cabang-cabang olahraga yang dikompetisikan antara lain futsal, basket, badminton, dan sepak takraw. Ajang SASPORTE ini ditujukan untuk mempererat rasa persaudaraan dan kekompakan antar mahasiswa Sastra/FIB.

Postingan ini juga tersedia dalam bahasa : English