Antropologi Budaya

Visi
Menjadi lembaga pengajaran dan penelitian dalam bidang Antropologi yang terkemuka secara nasional dan internasional, dan mampu menghasilkan lulusan yang menguasai masalah kemanusiaan dan kebudayaan, profesional dan kompetitif.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang Antropologi yang berkualitas dan kompetitif, serta akomodatif terhadap perkembangan mutakhir disiplin ilmu tersebut pada khususnya serta kemajuan IPTEKS pada umumnya;
  2. Melaksanakan penelitian sebagai bagian integral dari proses pendidikan dan pengembangan ilmu;
  3. Menyelenggarakan dan memperkembangkan bentuk-bentuk pengabdian lembaga pendidikan tinggi kepada masyarakat, bangsa, dan negara seturut dinamika kepentingan mereka;
  4. Melakukan kerja sama dengan lembaga akademis dan non akademis di dalam maupun luar negeri.

Mahasiswa
Mahasiswa Jurusan Antropologi juga sangat bervariasi, berasal dari berbagai daerah, etnik, ras, dan agama. Hampir 50 persen berasal dari daerah Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta, dan sisanya tersebar dari berbagai wilayah di Indonesia. Selain berasal dari dalam negeri, mahasiswa Antropologi juga berasal dari luar negeri. Umumnya yang dari luar negeri, ikut dalam program kerjasama jurusan Antropologi UGM dengan lembaga sejenis di luar negeri.
Selama perkuliahan, mahasiswa akan mendapatkan perkuliahan yang meliputi kuliah wajib universitas, wajib fakultas, wajib jurusan, dan pilihan jurusan. Setelah semester II, mahasiswa mendapatkan mata kuliah keahlian (spesialisasi) seperti Antropologi Terapan, Antropologi Perkotaan, Antropologi Pedesaan, Antropologi Lingkungan, Antropologi Kependudukan, Antropologi Kesehatan, dan sebagainya.

Prospek Belajar
Alumni atau lulusan Antropologi tersebar dalam berbagai profesi, baik sebagai pegawai negeri sipil maupun swasta. Di lingkungan pegawai negeri sipil antara lain bekerja di Depdiknas, Depdagri, Deptrans, Depsos, dan sebagainya. Di sektor swasta, alumnus jurusan Antropologi banyak terserap sebagai wartawan (cetak dan televisi), peneliti di berbagai lembaga, NGO/LSM, staf Community Development di berbagai perusahaan asing, maupun bekerja sendiri.

Pengurus Program Studi
Ketua           : Dr. Setiadi, S.Sos., M.Si.
Sekretaris  : Dr. Atik Triratnawati, M.A
Bendahara : M. Zamzam Fauzanafi, S.Ant., M.A.

Lebih lengkap tentang jurusan ini dapat dilihat di http://antropologi.fib.ugm.ac.id/

Informasi lebih lanjut hubungi
Jurusan Antropologi Budaya FIB UGM
Jalan Sosiohumaniora, Bulaksumur, Yogyakarta.
Telp  : 0274-7103018, 513096 ext. 123
Email : antropologi@ugm.ac.id