SDGs 4: Quality Education | SDGs 4: Education in Developing | SDGs 5: Equal Access | SDGs 8: Decent Work and Economic Growth | SDGs 8: Creativity and Innovation | SDGs 9: Industry, Innovation and Infrastructure | SDGs 9: Cooperation | SDGs 9: ICT Infrastructure | SDGs 10: Education | SDGs 11: Sustainable Cities and Communities | SDGs 11: Development Planning | SDGs 16: Peace, Justice and Strong Institutions | SDGs 17: Partnerships for the Goals
Pada Selasa, 13 Februari 2024, Universitas Gadjah Mada melalui Kantor Humas, Pemberitaan, dan Protokol UGM, mengadakan Bimbingan Teknis dengan tema “Pengelolaan Media Sosial Universitas Gadjah Mada” untuk para staf humas, protokol, dan pemberitaan di linkungan unit kerja UGM yang dilaksanakan di Auditorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, pada pukul 09.00 – 12.00 WIB. Dalam rangka penguatan fungsi hubungan masyarakat di lingkungan universitas, UGM menghadirkan sejumlah narasumber dari Kantor Humas, Pemberitaan, dan Protokol UGM, untuk memaparkan tema materi. Hal tersebut sejalan dengan tujuan untuk pelayanan informasi kepada publik mengenai peristiwa, kejadian, dan informasi seputar UGM.
Sesi Bimbingan Teknis dimulai dengan sambutan dari Wakil Dekan Bidang Alumni, Kerjasama, dan Inovasi (WDAKSI), Dr. Fajar Adi Kusumo, S.Si., M.Si., yang menyatakan bahwa publikasi kegiatan yang dilakukan di lingkungan UGM dapat menjadi ajang inspirasi bagi masyarakat luas, oleh karena itu diperlukan ilmu yang mumpuni untuk pengelolaan informasi untuk publik, terutama informasi yang dibagikan melalui sosial media. Senada dengan hal tersebut, Ibu Hestining Kurniastutim, S.S., M.B.A., Kepala Kantor Humas, Pemberitaan, dan Protokol UGM, juga menyatakan urgensi sosial media yang cukup tinggi, serta trafik keberadaan laman resmi masing-masing unit yang berpengaruh pada naik-turunnya keterjangkauan informasi yang disebabkan oleh kian cepatnya komunikasi.
Sesi Bimbingan Teknis kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi yang memetakan segmentasi pengguna sosial media dari masing-masing platform media sosial, objective dari membangun konten sosial media, upaya dalam meningkatkan engagement dari konten media sosial, karakteristik konten untuk informasi publik, dan tahapan produksi sebuah konten untuk media sosial. Pemaparan materi diakhiri dengan pembukaan sesi tanya-jawab dari unit kerja fakultas, departemen, dan instansi UGM lainnya mengenai pengelolaan media sosial pada sejumlah platform, copywriting, manajemen penerimaan umpan balik konten, penggandengan influencer atau figur penting UGM, dan pencarian titik keseimbangan dalam pembuatan konten.