SDGs 4: Quality Education | SDGs 4: Education in Developing | SDGs 4: Access to Education | SDGs 4: Basic Education | SDGs 4: Basic Literacy Skills | SDGs 4: Early Childhood Development | SDGs 4: Equal Access | SDGs 5: Gender Equality | SDGs 5: Empowerment | SDGs 5: Equal Opportunities | SDGs 8: Decent Work and Economic Growth | SDGs 9: Industry, Innovation and Infrastructure | SDGs 9: Access to the Internet | SDGs 9: Affordable Access | SDGs 10: Reduced Inequalities | SDGs 10: Children | SDGs 10: Education | SDGs 11: Sustainable Cities and Communities | SDGs 11: Community | SDGs 16: Peace, Justice, and Strong Institutions | SDGs 17: Partnerships for the Goals | SDGs 17: Capacity Building
Yogyakarta, 27 Januari 2024 – Sejumlah mahasiswa Program Studi Sastra Arab, Departemen Bahasa dan Sastra, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada (FIB UGM), baru saja menyelesaikan kegiatan magang di Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari. Mengeksplorasi pengalaman tak ternilai tentang dunia pengajaran bahasa Arab di lembaga non-formal dan Tahsin Al-Qur’an, program ini sukses membekali para mahasiswa dengan pengetahuan praktis di lapangan.
Selama kegiatan magang, mahasiswa tidak hanya mempelajari tentang manajemen pendidikan dan pengajaran bahasa Arab dan Al-Qur’an. Mereka juga berkesempatan mengenal berbagai karakter pembelajar sesuai kategori usia dan metode penyampaian materi yang bisa memudahkan peserta untuk memahami bahasa Arab dan Tahsin Al-Qur’an.
Melalui kegiatan mengajar pada dua Lembaga tersebut mahasiswa mendapatkan keahlian dalam mengajar dan berinovasi dalam bidang pendidikan. Kemampuan tersebut menjadi bukti nyata keberhasilan program magang. Para mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu yang dipelajari di bangku kuliah ke dalam dunia kerja, sekaligus berkontribusi terhadap bidang pendidikan, khususnya pengajaran bahasa Arab dan Al-Qur’an. Hal ini sesuai dengan Tujuan Pembangunan Keberlanjutan (SDG) ke-4, Pendidikan Bermutu, dan SDG ke-8, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.