Sejarah

Tujuan Pendidikan
Program pendidikan magister di Program Studi Sejarah bertujuan meningkatkan kemampuan ilmiah dan keahlian di bidang penelitian, penulisan, dan pengajaran sejarah sehingga para lulusan:

  1. Menguasai substansi sejarah tingkat lanjut;
  2. Menguasai teori dan metodologi sejarah tingkat lanjut dan mampu menerapkannya dalam rekonstruksi historis;
  3. Menguasai ilmu-ilmu bantu yang relevan dengan perkembangan llmu Sejarah masa kini dan mampu memanfaatkannya dalam analisis dan sintesis sejarah;
  4. Mempunyai keterampilan dan mampu menggunakan arsip dalam bahasa aslinya dalam konteks metode sejarah kritis.

Proses dan Lama Pendidikan
Program Studi Sejarah direncanakan dalam 4 semester (dua tahun), dengan beban kredit minimal 44 SKS, termasuk tesis. Batas waktu maksimum masa studi adalah 4 tahun (delapan semester). Kalender Akademik Semester I dimulai bulan September-Januari, Semester II dimulai bulan Februari-Juni. Dalam menempuh kegiatan perkuliahan dan kegiatan akademik lain seperti Praktek Kerja Lapangan, Seminar, Penelitian, dsb, dilaksanakan dengan sistem pembimbingan oleh dosen pembimbing tesis. Program Studi Sejarah mensyaratkan adanya program Pra Pascasarjana dengan pembiayaan khusus.

Biaya Pendidikan
Biaya Pendidikan pada saat ini ditetapkan sebesar Rp. 4.500.000,00. (empat juta lima ratus ribu rupiah) per semester di anggung oleh mahasiswa atau sponsor/instansi pengirim. Khusus untuk mahasiswa asing biaya pendidikan ditetapkan sebesar US$1.000,00 per semester. Bagi calon yang memenuhi syarat dimungkinkan untuk mendapatkan beasiswa dari proyek BPPS Depdiknas (khusus dosen tetap PTN/PTS). Tata cara pengurusan beasiswa BPPS dapat ditanyakan langsung ke PTN/Kopertis masing-masing calon.

Fasilitas Pendidikan
Fasilitas yang tersedia di Universitas Gadjah Mada terdiri dari: Perpustakaan pusat, pascasarjana, fakultas, dan jurusan yang dilengkapi dengan buku-buku teks, CD/jurnal-jurnal online, majalah, surat kabar, fasilitas internet. WI-FI area (fasilitas internet gratis). Laboratorium komputer. Pusat Pelatihan Bahasa yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa Pascasarjana untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing Rumah Sakit Pusat Dr. Sardjito yang terletak di Kampus UGM, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank Niaga dan Kantor Pos Kampus, Pusat penerbitan Universitas serta alat transportasi (bis, minicab) yang menghubungkan tiap bagian kota Yogyakarta dengan kampus UGM.

Persyaratan khusus yang berkaitan dengan program studi
Beban studi minimal untuk menyelesaikan program adalah 44 SKS, termasuk tesis. Bagi calon mahasiswa lulusan S1 program studi lain atau non-sejarah murni, jika dianggap perlu oleh tim penilai ujian masuk akan diwajibkan mengikuti matrikulasi atas biaya sendiri setelah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa pascasarjana dan sebelum kuliah pascasarjana dimulai.

Gelar Kesarjanaan
Gelar dan sebutan lulusan Program Studi S2 Sejarah adalah Master of Arts (M.A.).

F. Staf Pengajar:

  1. Prof. Dr. Djoko Suryo
  2. Prof. Dr. Bambang Purwanto, M.A.
  3. Prof. Dr. R.M. Soedarsono
  4. Prof. Dr. Sjafri Sairin, M.A.
  5. Prof. Dr. Suhartono
  6. Prof. Dr. Irwan Abdullah
  7. Prof. Dr. Mochtar Mas’oed
  8. Prof. Dr. Sunyoto Usman
  9. Prof. Dr. Djoko Soekiman
  10. Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa-Putra, M.A., M.Phil.
  11. Dr. Harlem Siahaan, S.U.
  12. Dr. Pujo Semedi H.Y., M.A.
  13. Dr. Sri Margana, M.Phil.
  14. Dr. Nur Aini Setiawati, M. Hum.
  15. Dr. Suharko, M.Si.
  16. Dr. Budiawan, M.A.
  17. Drs. Riza Noer Arfani, M.A.
  18. Drs. Machmoed Effendhie, M.Hum.
  19. Drs. Sudibyo, M.Hum.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Pengelola Program Studi (S2) Sejarah
Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Budaya
Universitas Gadjah Mada
Jl. Sosiohumaniora, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 513096, 6491136
Fax. (0274) 550451

Postingan ini juga tersedia dalam bahasa : English