Keluarga Muslim Ilmu Budaya (KMIB)

Keluarga Muslim Ilmu Budaya (KMIB) adalah seksi kerohanian Islam fakultas yang pertama kali bernama KMS (Keluarga Muslim Sastra), sebagai SKI yang berdiri integral bersama LEM. Kemudian berubah menjadi KMIS (Keluarga Mahasiswa Islam Sastra), terakhir menjadi KMIB (Keluarga Muslim Ilmu Budaya). Sebagai lembaga dakwah Islam fakultas, KMIB melakukan kegiatan-kegiatan yang berusaha mengakomodir kepentingan muslim FIB. FBI (Festival Budaya Islam) merupakan program andalan KMIB yang berjalan hingga tahun 2008. Selain itu, RDD (Ramadan di Desa) berjalan hingga saat ini. Selain itu, KMIB juga berkordinasi dengan takmir Mushala Al-Adab dalam hal pengurusan mushala.

Jargon badan semi otonom ini adalah Unlimited Totality for Islam.

Dalam melaksanakan program-program kerjanya, KMIB memiliki 6 Bidang yang membawahi Divisi-Divisi di bawahnya:

  1. Kesekretariatan dan Kerumahtanggan (KSK): merupakan divisi dari Sekretaris Umum, progran kerjanya adalah berkenaan dengan surat-menyurat dan tulis-menulis yang berkaitan dengan lembaga, serta pengarsipan dokumen-dokumen lembaga.
  2. Dana Usaha (Danus): merupakan divisi yang berada di bawah Bendahara Umum. Divisi ini bergerak demi kepentingan finansial lembaga. Usaha yang dirintis di antaranya adalah pengadaan Warung KMIB.
  3. Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM).Disebut pula Biro Kaderisasi, yang bertugas melakukan open recruitment dan pengkaderan anggota-anggota KMIB, melalui program andalan bidang ini–Latihan Kepemimpinan (Leadership Camp) 1, 2, dan 3 yang diadakan setiap tahunnya.
  4. Syi’ar. Bidang ini memiliki 3 divisi, yakni Divisi Kajian, Divisi Pembantu Umum, dan Divisi Media-Opini. Lewat Bidang ini, diharapkan syi’ar keislaman terhadap mahasiswa muslim FIB dapat tersampaikan dengan baik, dengan adanya buletin, koran dinding, kajian keislaman, serta buku-buku Islam yang disediakan di perpustakaan Al-Adab.
  5. Jaringan. Bidang ini berfungsi sebagai pembangun relasi antara KMIB dengan lembaga-lembaga lain, khususnya lembaga-lembaga dakwah di UGM maupun di luar UGM.
  6. Kemuslimahan. Bidang yang khusus mengakomodir kepentingan muslimah (mahasiswa muslim) FIB dengan berbagai program andalannya, di antaranya Kajian Rutin Muslimah (KARIMAH), Days of Jilbab and Koko (DJISKO), Buletin Kemuslimahan “Milismu”, serta peringatan Hari Ibu setiap tahunnya.

Lebih lengkap tentang jurusan ini dapat dilihat di http://kmib.fib.ugm.ac.id/

Postingan ini juga tersedia dalam bahasa : English