Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia

Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia ( KMSI ) merupakan sebuah organisasi yang menginspirasi mahasiswa Sastra Indonesia untuk mengaktualisasikan diri dengan berbagai kegiatan yang bernafaskan sastra.  Sebagai salah satu wadah yang dapat mengapresiasikan kesusastran Indonesia KMSI hadir dengan semangat kearifan budaya yang dapat mewujudkan harapan untuk masa depan dunia sastra yang gemilang. Dalam konteks kemahasiswaan KMSI memberikan ruang kepada mahasiswa Sastra Indonesia untuk menjadi  mahasiswa yang unggul, berkompeten, kreatif, inovatif dan berdaya saing tinggi.

VISI

  • Membentuk generasi muda yang cerdas secara intelektual, emosional, dan spiritual.
  • Menjadikan mahasiswa sebagai insan yang kreatif dan inovatif.
  • Menjadi wadah untuk mahasiswa Sastra Indonesia untuk mengaktualisasikan diri.

MISI

  • Membentuk rasa kekekuargaan dan solidaritas antar mahasiswa.
  • Membangun rasa bangga terhadap segala potensi dan kemampuan yang dimiliki mahasiswa.

DEPARTEMEN KMSI

1. Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM)
Adalah sebuah departemen yang memiliki konsentrasi untuk mengakrabkan mahasiswa Sastra Indonesia melalui berbagai kegiatan dalam bidang minat, bakat, dan olahraga.
Seperti : Futsal, sepakbola, basket, badminton, berenang, suporter, nonton bareng, dan lain sebagainya.

2. Departemen Seni dan Budaya (SeBud)
Adalah sebuah depertemen yang mengurusi kegiatan dalam bidang seni dan budaya. Seperti : mengadakan pementasan kolosal, pementasan teater, dan lain sebagainya.

3. Departemen Komunikasi dan Informasi (DepKomInfo)
Adalah sebuah departemen komunikasi dan Informasi memiliki 2 konsentrasi, komunikasi, mengurusi komunikasi internal dan eksternal misalnya memberikan kabar mengenai suatu kejadian dan peristiwa yang sedang terjadi.

Seperti : mengabarkan suatu event yang ada di jogja, pemberitauan event internal (rapat, pergi bersama, acara tahunan, dsb). Informasi,menyampaikan Informasi mengenai suatu keilmuan. Seperti, membuat mading, dan lain sebagainya.

4. Departemen Dana dan Usaha (DanUs)
Adalah sebuah departemen yang mengusahakan pencarian dana, tidak hanya dalam suatu kepanitian namun internal organisasi, sehingga akan memudahkan terlaksananya suatu kegiatan maupun event internal.

5. Departemen Riset, Penelitian, dan Pengembangan Masyarakat
Adalah sebuah departemen yang memiliki konsentrasi untuk melakukan riset dan penelitian dalam ruang lingkup kemahasiswaan. Selain itu juga memiliki konsentrasi untuk melakukan pengabdian masyarakat.Seperti, membukukan cerpen mahasiswa, antologi puisi, mengadakan pembelajaran masyarakat (mengajar penulisan, menulis, membaca, kursus, dsb).

Postingan ini juga tersedia dalam bahasa : English