Keluarga Mahasiswa Antropologi

Keluarga Mahasiswa Antropologi (KEMANT) merupakan sebuah organisasi atau Himpunan Mahasiswa Jurusan  yang berada dibawah naungan Jurusan  Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), UGM. Organisasi yang beranggotakan mahasiswa Antropologi ini telah bertengger di lingkungan FIB semenjak tanggal 30 September  1964. Layaknya suatu organisasi, KEMANT tentunya memiliki beberapa tujuan yang telah tertanam di dalamnya, antara lain, (1) Sebagai wadah mahasiswa Antropologi dalam menyalurkan kreativitasnya. (2) Mempererat hubungan antarmahasiswa Antropologi. (3) Menjembatani urusan prosedural antara anggota KEMANT dengan pihak Jurusan Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada.

Di dalam tubuhnya, KEMANT memiliki enam divisi guna menyalurkan minat dan bakat bagi para anggotanya. Keenam divisi itu antara lain Divisi Media dan Komunikasi; Divisi Pemberdayaan Sumber Daya Mahasiswa; Divisi Seni; Divisi Kewirausahaan dan Sosial; Divisi Olahraga dan Divisi Eksternal.  Kegiatan yang diselenggarakan oleh setiap divisi tentu saja memiliki perbedaan diantara divisi yang satu dengan yang lainnya.

  1. Divisi Media Komunikasi. Divisi ini bergerak dalam ranah penerbitan ataupun jurnalistik. Jurnalistik di tubuh KEMANT ini bukan hanya sebuah wadah untuk mengkritik dan mencaci, tetapi sebagai jalan penyalur aspirasi dalam memahami suatu fenomena sosial yang ada pada bangsa ini. Didalam divisi ini pun telah terlahir sebuah produk semi-jurnal “RANAH” yang dimiliki oleh mahasiswa antropologi. Produk  ini tentunya tidak hanya dikonsumsi oleh pihak internal, tetapi juga disebarluaskan ke masyarakat umum.
  2. Divisi Pemberdayaan Sumber Daya Mahasiswa. Sesuai dengan namanya, divisi ini berupaya untuk mengasah intelektual mahasiswa antropologi dalam melihat suatu fenomena sosial di lingkungan sekitarnya. Salah satu kegiatan yang dilakukan divisi ini yaitu mengadakan diskusi terkait dengan hasil penelitian yang diperoleh mahasiswa antropologi.
  3. Divisi Seni. Kegiatan divisi ini tentu saja tidak jauh dari hal-hal yang berbau kesenian.  Divisi ini berupaya untuk merangkul mahasiswa antropologi yang menaruh perhatian pada bidang kesenian. Salah satu produknya yaitu, pementasan Wayang Antro. Pementasan pertunjukan seni tersebut rutin diadakan setahun sekali, yakni bertepatan dengan Dies Natalies Jurusan Antropologi.
  4. Divisi Kewirausahaan dan Sosial. Divisi ini merupakan wadah bagi mahasiswa antropologi untuk berkontribusi langsung kepada masyarakat.
  5. Divisi Olah Raga. Merupakan sebuah divisi yang bertujuan menyalurkan minat para anggotanya di bidang olahraga,misalnya saja futsal, basket, climbing, dll.
  6. Divisi Eksternal. Sebuah divisi yang terlahir dari tubuh KEMANT guna menjalin hubungan harmonis dengan HMJ di Fakultas Ilmu Budaya maupun kepada Jaringan Kekerabatan Antropologi di seluruh Indonesia.

Postingan ini juga tersedia dalam bahasa : English