Ikatan Mahasiswa Jurusan Inggris

Ikatan Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris (IMAJI), didirikan 23 Januari 1946, adalah wadah perkumpulan mahasiswa prodi Sastra Inggris. Di sini mahasiswa bisa mengekspresikan minat dan bakat masing-masing. Selain itu mereka juga belajar berorganisasi secara struktural karena lembaga ini secara resmi bertanggungjawab kepada jurusan dan mempunyai garis kordinasi dengan LEM FIB melalui forum komunikasi. Dulunya himpunan mahasiswa ini bernama EDSA (English Department Student’s Association).

Untuk melaksanakan program kerjanya, IMAJI memiliki lima divisi:

Divisi Akdemik
Divisi Media dan Jaringan
Divisi Olahraga
Divisi Seni
Divisi Softskill dan Kewirausahaan

Selain berorganisasi secara struktural di IMAJI, mahasiswa Sastra Inggris memiliki wadah kreativitas lainnya, yaitu:

I. ACARA
1. ENGLISH FRIENDSHIP CAMP
Agenda tahunan berikutnya adalah penyambutan mahasiswa baru Sastra Inggris dengan tema dan konsep berbeda tiap tahunnya. Dalam rangka menyambut mahasiswa-mahasiswi baru Jurusan Sastra Inggris Universitas Gadjah Mada, acara ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan pelatihan bersosialisasi dengan sesama civitas akademik Jurusan Sastra Inggris, baik antar mahasiswa maupun terhadap dosen. Selain itu, adapun konsep camping yang biasa diterapkan diharapakan mampu memberi suasana nyaman untuk refreshing dan menerima materi soft skill yang telah disusun oleh panitia penyelenggara.

2. ENGLISH DAYS
Merupakan sebuah agenda wajib setiap tahun bagi IMAJI dalam rangka
memperingati ulang tahun Jurusan Sastra Inggris pada 19 September.
Rangkaian acara Engilsh Days dapat berubah setiap penyelenggaraanya, disesuaikan dengan tema dan konsep acara. Secara garis besar, acara English Days dapat berupa lomba story telling, debat dan pidato bahasa Inggris dengan sasaran siswa-siswi SMA, serta seminar maupun workshop dan pelatihan Jurnalistk untuk umum.

3. IMAJI’S FUN LEARNING
IMAJI’s Fun Learning untuk siswa-siswi SD, SMP, SMA/SMK merupakan sarana untuk mengaplikasikan ilmu yang mahasiswa dapatkan selama kuliah di jurusan Sastra Inggris. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa-siswi panti asuhan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan mahasiswa angkatan 2011 dan 2012 sebagai tutor kegiatan, direncanakan 3 kali setahun.

4. MOVIE CLUB DISCUSSION
Program ini merupakan program dari divisi akademik IMAJI dalam rangka meningkatkan wawasan mahasiswa-mahasiswi Sastra Inggris dalam banyak hal. Kegiatan ini diselenggarakan setiap dua minggu sekali. Dalam Movie club Discusion (McD), mahasiswa diundang untuk menonton film-film luar negeri yang inspiratif. Guna meningkatkan pemahaman Bahasa Inggris, teks Bahasa Indonesia sengaja tidak ditampilkan selama film berlangsung. Seusai menonton film, diadakan diskusi atau pembahasan sekilas mengenai film yang ditonton.

5. ENGLISH ART FOR CHARITY
Merupakan acara yang disusun untuk menampilkan secara khusus bakat dan kreatifitas yang dimiliki mahasiswa-mahasiswi Sastra Inggris, serta menggalang dana untuk kegiatan tutoring siswa-siswi SD oleh IMAJI dan disumbangkan ke panti asuhan. Adapun pengisi acara ini tidak lain adalah komunitas-komunitas yang dibawahi oleh IMAJI, serta penampilan khusus dari mahasiswa Sastra Inggris. Diharapkan dengan acara ini mahasiswa FIB maupun luar FIB dan masyarakat umum dapat menikmati sajian pertunjukan khusus dari mahasiswa Sastra Inggris, serta berkenan mendonasikan dana untuk tujuan mulia.

II. KOMUNITAS
1. SEMATA WAYANG
Merupakan akronim dari Sekumpulan Mahasiswa Pecinta Wayang. Berdiri sejak tahun 2007, Semata Wayang merupakan asuhan Drs. Eddy Pursubaryanto, M.Hum pada rangkaian kegiatan Workshop “Make Your Own Puppet” dalam rangka mengenalkan kepada masyarakat dan generasi muda tentang kesenian wayang sebagai salah satu kebudayaan Indonesia, sehingga dapat menumbuhkan sikap apresiatif masyarakat dan generasi muda terhadap kesenian dan kebudayaan Indonesia. Dengan konsep yang lebih fleksibel dan komunikatif, Semata Wayang berusaha merubah pandangan mengenai wayang yang berisi cerita klasik dan tampilan yang kadang sukar dimengerti.

2. NIGHT VISION
Adalah kumpulan mahasiswa yang menggemari tentang dunia perfilman dan terobsesi membuat film. Komunitas ini berdiri pada tahun 2009, yang ketika itu dibentuk untuk menyambut kedatangan studi banding slah satu universitas di Indonesia. Komunitas ini diketuai oleh Muhammnad Eric Fazlur Rahman. Film pertama yang diproduksi Night Vision adalah “Another Campus Tragedy” dan cukup mendapat respon positif dari dosen-dosen Sastra Inggris dan berbagai pihak lain. Tema yang diangkat dalam film-film produksi Night Vision adalah tentang moral dan kehidupan sehari-hari yang terjadi di sekitar kampus, khususnya bagi mahasiswa Jurusan Sastra Inggris.

3. IMAJI FUTSAL CLUB
Dari namanya, tak salah lagi kalau IMAJI FUTSAL CLUB adalah komunitas mahsiswa pecinta futsal Jurusan Sastra Inggris UGM. Peminatnya tidak sedikit, laki-laki mauppun perempuan dari setiap angkatan tidak pernah absen saat IFC berlaga. Dari tahun ke tahun, animo mahasiswa terhadap komunitas ini semakin meningkat. Sehingga dibentuklah IMAJI Futsal League. Liga ini diselenggarakan khusus untuk diikuti oleh mahasiswa Jurusan Sastra Inggris dari berbagai angkatan, dengan biaya swadaya atau iuran setiap angkatan untuk biaya lapangan. Kompetisi ini juga diharapkan mampu melatih kemampuan bersinergi dan bersikap sportif. Dengan demikian dapat
tercipta keseimbangan antara ‘kesehatan akademik’ dan kesehatan jasmani.

4. ICETY TAWA
Icety Tawa merupakan akronim dari IMAJI Dance Community Tari Jawa.
Komunitas ini berdiri pada awal April 2013 dibawah kepanitiaan IMAJI. Dengan membawakan tarian Jawa kontemporer, komunitas ini mampu menghasilkan sebuah koreografi Tari Kelana Srikandhi yang telah ditampilkan dalam acara Art For Charity 2013. Komunitas ini dibentuk atas dasar ketertarikan minat sebagian mahasiswa Sastra Inggris dalam bidang seni tari tradisional dan kontemporer.

5. KOMUNITAS BROADWAY
Komunitas Broadway didirikan atas keberhasilan penampilan Broadway pada acara English Day 2012. Komunitas ini terbentuk atas ketertarikan sejumlah mahasiswa Sastra Inggris UGM dalam bidang seni olah vokal, olah gerak, tari, dan musik. Komunitas ini telah berhasil menampilkan sebuah pertunjukan musikal bertemakan kisah Rama dan Shinta pada acara Art For Charity 2013.

Postingan ini juga tersedia dalam bahasa : English