Badan Keluarga Mahasiswa Sejarah

Badan Keluarga Mahasiswa Sejarah (BKMS) merupakan organisasi himpunan mahasiswa dari Jurusan Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada. Di samping menjembatani antara Mahasiswa Sejarah dengan Jurusan Ilmu Sejarah beserta para dosen di dalamnya, BKMS juga menjadi wadah bagi para mahasiswa Ilmu Sejarah untuk mengekspresikan serta mengasah kemampuan-kemampuan baik yang bersifat verbal maupun non-verbal semasa di perkuliahan.

Guna mencapai itu semua, BKMS menghadirkan 5 divisi yang memiliki maksud dan tujuan yang berbeda-beda dari setiap divisinya. Kelima Divisi itu yakni:

  1. Divisi Penelitian dan pengembangan (Litbang) yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan mahasiswa dalam literatur Kesejarahan serta membangun imajinasi kecendekiawanan yang terdapat pada setiap mahasiswa sejarah.
  2. Divisi Minat dan Bakat yang befungsi sebagai penampung minat dan bakat teman-teman Sejarah UGM di luar bidang keilmiahan (Futsal, Fotografi, Musik, Film).
  3. Divisi Media yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan Mahasiswa Sejarah dalam bidang Jurnalistik
  4. Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) bertujuan untuk membangun jaringan baik internal, seperti antar mahasiswa sejarah dan jurusan, maupun eksternal seperti berhubungan dengan alumni, mahasiswa universitas lain, serta instansi pemerintah.
  5. Divisi Dana Usaha (Danus) yang berfungsi sebagai motor penghasil dana mandiri BKMS, baik dengan bazar buku maupun hal-hal yang mendatangkan profit bagi BKMS lainnya.

Kekeluargaan merupakan asas yang sangat dijunjung tinggi oleh BKMS. Slogan “BKMS JAYA!” atau “BKMS satu untuk semua, semua untuk satu” sering dikumandangkan oleh para anggotanya untuk menambah motivasi jika sedang melaksanakan program kerja atau setelah rapat bulanan. Akan tetapi, profesionalitas kerja dan disiplin tinggi tetap menjadi salah satu elemen terpenting dalam berkembangnya organisasi kecintaan mahasiswa Jurusan Ilmu Sejarah FIB UGM ini.

VIVA HISTORIA!!!

Postingan ini juga tersedia dalam bahasa : English